Ads Top

Menggunakan Fungsi Text dalam Microsoft Excel

PortalAktual.InfoFungsi Text dalam Microsoft Excel, Di dalam Microsoft Excel terdapat sebuah fungsi-fungsi text yang mampu memudahkan kita untuk mengolah data di dalam sebuah lembar kerja (Sheet) Excel. Fungsi-fungsi ini akan sangat berguna dalam hal meyortir, menghitung dan juga operasi-operasi penting lain di dalamnya.
Fungsi Text Excel

Fungsi text ini berguna, seperti untuk menggabungkan 2 (dua) kata yang berbeda kolom, atau menyortir jumlah karakter, mengambil karakter paling kiri, kanan, ataupun di tengah sebuah kata. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat penggunaan Fungsi - fungsi text tersebut berikut ini :
  1. LEFT
  2. Fungsi Text Left ini berfungsi untuk mengambil huruf (Karakter) dari sebelah kiri

  3. RIGHT
  4. Fungsi Text Right ini kebalikan dari Fungsi Text Left, yaitu mengambil huruf (karakter) dari sebelah kanan
  5. MID
  6. Untuk mengambil huruf di tengah, gunakan Fungsi Text MID seperti pada gambar di bawah ini
  7. FIND
  8. Terkadang kita perlu mengetahui posisi huruf pada kata atau kalimat, untuk lebih mudah gunakan Fungsi Text Find
  9. LEN
  10. Mau tau panjang (banyak karakter) sebuah kata atau kalimat dalam Ms. Excel? caranya sangat mudah gunakan fungsi text LEN seperti ini
  11. SUBSTITUTE
  12. Sedangkan untuk mengganti sebuah kata dalam kalimat gunakanlah fungsi text Substitute
  13. Menggabungkan Kata
  14. Menggabungkan kata maksudnya di sini adalah, dua kata yang berbeda kolom menjadi sebuah kalimat yang menyatu, lebih jelasnya lihat gambar
Demikianlah yang bisa kami ulas tentang bagaimana cara Menggunakan Fungsi Text dalam Microsoft Excel, semua pekerjaan anda akan jauh lebih mudah jika mampu menguasai tools-tools yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel. Semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat untuk anda. Bantu share jika berkenan ^_^.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.