Menggunakan Fungsi Text dalam Microsoft Excel
PortalAktual.Info - Fungsi Text dalam Microsoft Excel, Di dalam Microsoft Excel terdapat sebuah fungsi-fungsi text yang mampu memudahkan kita untuk mengolah data di dalam sebuah lembar kerja (Sheet) Excel. Fungsi-fungsi ini akan sangat berguna dalam hal meyortir, menghitung dan juga operasi-operasi penting lain di dalamnya.
Fungsi text ini berguna, seperti untuk menggabungkan 2 (dua) kata yang berbeda kolom, atau menyortir jumlah karakter, mengambil karakter paling kiri, kanan, ataupun di tengah sebuah kata. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat penggunaan Fungsi - fungsi text tersebut berikut ini :
Fungsi text ini berguna, seperti untuk menggabungkan 2 (dua) kata yang berbeda kolom, atau menyortir jumlah karakter, mengambil karakter paling kiri, kanan, ataupun di tengah sebuah kata. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat penggunaan Fungsi - fungsi text tersebut berikut ini :
- LEFT Fungsi Text Left ini berfungsi untuk mengambil huruf (Karakter) dari sebelah kiri
- RIGHT Fungsi Text Right ini kebalikan dari Fungsi Text Left, yaitu mengambil huruf (karakter) dari sebelah kanan
- MID Untuk mengambil huruf di tengah, gunakan Fungsi Text MID seperti pada gambar di bawah ini
- FIND Terkadang kita perlu mengetahui posisi huruf pada kata atau kalimat, untuk lebih mudah gunakan Fungsi Text Find
- LEN Mau tau panjang (banyak karakter) sebuah kata atau kalimat dalam Ms. Excel? caranya sangat mudah gunakan fungsi text LEN seperti ini
- SUBSTITUTE Sedangkan untuk mengganti sebuah kata dalam kalimat gunakanlah fungsi text Substitute
- Menggabungkan Kata Menggabungkan kata maksudnya di sini adalah, dua kata yang berbeda kolom menjadi sebuah kalimat yang menyatu, lebih jelasnya lihat gambar
Tidak ada komentar: